10 Penumpang Tewas Akibat Kapal Wisata Kazu I Tenggelam

kapal kazu tenggelam

Jakarta, Kabar Medsos – 10 penumpang kapal wisata Kazu I yang tenggelam di Laut Jepang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan 16 lainnya masih belum ditemukan.

“Kami telah mengkonfirmasi kematian 10 orang [yang sejauh ini telah dievakuasi,” ujar seorang juru bicara penjaga pantai, dikutip dari AFP, Minggu (24/4).

Penjaga pantai menyebut korban yang ditemukan sejauh ini telah diidentifikasi sebagai tujuh laki-laki dan tiga perempuan.

Kapal wisata Kazu I mengeluarkan panggilan darurat pada Sabtu (23/4) sekitar pukul 13.15 siang (04.15 GMT). Helikopter penjaga pantai dan kapal pun tiba di area itu beberapa jam kemudian.

Suhu udara turun menjadi sekitar nol derajat celsius saat menjelang malam. Meskipun demikian, tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan kapal atau penumpang. Pencarian dilanjutkan semalaman dengan peralatan inframerah dan termal.

Polisi setempat dan pasukan bela diri Jepang telah bergabung dalam operasi penyelamatan. Empat orang pertama dari kapal itu ditemukan pada Minggu (24/2) pagi dan enam lainnya ditemukan beberapa jam berikutnya.

Beberapa korban ditemukan di dalam air, sedangkan yang lain ditemukan di sepanjang garis pantai.

Kapal wisata Kazu 1 diketahui berangkat pada Sabtu (23/4) pagi dengan pelayaran wisata yang populer di Semenanjung Shiretoko, di sebelah utara dari pulau ujung utara Jepang dan diyakini berada di dekat Air Terjun Kashinu.

Semenanjung Shiretoko terletak di utara Hokkaido dan terkenal dengan kehidupan liarnya yang endemik.

Tur tetap berjalan meskipun angin kencang dan gelombang di saat beberapa kapal nelayan lokal kembali ke pantai untuk menghindari kondisi yang memburuk.

“Jelas bahwa kondisi di laut akan memburuk, jadi saya mengatakan kepada mereka untuk tidak pergi,” kata seorang operator kapal wisata lokal kepada NHK.

“Tapi mereka tetap pergi. Saya mengatakan kepada kapten untuk tidak melakukannya,” imbuhnya.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment