5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker

Cancer

Jakarta, Kabar Medsos – Kanker merupakan sekelompok penyakit kompleks yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gaya hidup sehari-hari.

Perkembangan kanker dapat dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk. Hindari kebiasaan yang menyebabkan kanker ini.

American Cancer Society (ACS) menyebut 42 persen kanker dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini juga menjadi penyebab kanker paling umum di seluruh dunia.

Berikut kebiasaan yang menyebabkan kanker:

1. Merokok

Data ACS menunjukkan 20 persen dari semua kanker dan 30 persen kematian karena kanker disebabkan oleh merokok. Sekitar 80 persen dari semua kanker paru juga disebabkan oleh merokok.

Merokok telah dihubungkan dengan berbagai jenis kanker, mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, hingga ginjal.

Selain perokok aktif, perokok pasif juga berisiko tinggi terkena kanker.

2. Tidak Pernah Berolahraga

Studi menunjukkan tidak pernahnya seseorang berolahraga menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko terkena kanker.

World Cancer Research Fund memperkirakan bahwa setidaknya 18 persen dari semua kanker kurangnya aktivitas fisik dan tubuh gemuk. Menghindari kebiasaan ini dapat mencegah kanker.

3. Mengkonsumsi Daging Olahan Secara Berlebih

Melansir laman cancer.org.au, bukti yang ada menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi daging olahan secara berlebihan dengan risiko kanker.

International Agency for Research on Cancer menemukan bahwa konsumsi berlebih pada daging olahan menjadi penyebab kanker usus.

Para ahli pun menyimpulkan, dalam jangka panjang, mengonsumsi 50 gram porsi daging olahan setiap harinya dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen.

Oleh karena itu ganti kebiasaan makan Anda dengan makanan yang bernutrisi tinggi, serta perbanyak buah dan sayur.

4. Konsumsi Alkohol

Alkohol juga menjadi penyebab kanker. Data menunjukkan sebanyak 6 persen kanker disebabkan oleh penggunaan alkohol. Minum alkohol dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, hati, ginjal, usus, dan payudara.

5. Kurang Minum Air Putih

Carian, terutama yang berasal dari air putih sangat penting bagi tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Air membantu mengeluarkan racun-racun yang di dalam tubuh melalui keringat dan urine.

Bila Anda tidak cukup minum air, ini dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh Anda. Kondisi ini dapat berkontribusi pada kanker kandung kemih.

Itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan kanker. Hindari kebiasaan buruk ini dan ganti dengan gaya hidup sehat.

 

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment