Champion League RB Leipzig – Atletico Madrid (2-1 )

RB Leipzig 2-1 Atletico Madrid: 5 poin pembicaraan karena gol telat membuat klub Jerman membuat sejarah

Tyler Adams mengirim tim Bundesliga ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka – datang dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan dengan hanya beberapa menit tersisa

Upaya Tyler Adams yang dibelokkan membawa RB Leipzig melewati Atletico Madrid ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Leipzig memimpin di babak kedua berkat sundulan Dani Olmo sebelum Joao Felix keluar dari bangku cadangan untuk menang dan mengubah penalti dengan sisa waktu kurang dari 20 menit.

Tapi super-sub Adams mencetak gol pertamanya di Leipzig untuk membawa klub lolos, melihat tembakannya dibelokkan dari Stefan Savic dan melewati Jan Oblak yang tidak berdaya.

Hasil itu berarti klub Bundesliga itu akan menghadapi juara Prancis Paris Saint-Germain di semifinal pekan ini, sementara harapan bos Atletico Diego Simeone di Liga Champions sekali lagi dibatalkan.

Berikut adalah lima poin pembicaraan dari pertandingan:

1. Adams membuat sejarah

Gelandang Amerika Serikat Tyler Adams keluar dari bangku cadangan dengan sisa waktu kurang dari 20 menit dan mencetak bukan hanya gol pertamanya di Leipzig, tetapi juga salah satu gol terbesar dalam sejarah singkat klub.

Upaya rendahnya dari tepi kotak penalti membuat kaki Stefan Savic mengalami defleksi besar sehingga Jan Oblak tidak berdaya dan membawa Leipzig ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya.

Didirikan pada tahun 2009, klub ini berada di empat besar kompetisi klub elit Eropa dan di ambang salah satu kisah sepakbola yang luar biasa.

Leipzig harus berterima kasih kepada mantan pemain New York Red Bulls Adams karena mereka mengalihkan perhatian mereka ke pertandingan bersejarah dengan PSG minggu depan.

2. Werner siapa?

Bagaimana Anda mengganti seorang striker dengan 34 gol dan 13 assist untuk musim ini?

Itulah pertanyaan yang dihadapi Julian Nagelsmann saat dia memilih starting XI-nya tanpa kehadiran Timo Werner, yang pergi ke Chelsea dengan transfer £ 47,5 juta musim panas ini.

Bos RB Leipzig bertahan dengan pertahanan tiga orang dan mempercayakan tugas menyerang kepada Marcel Sabitzer, Dani Olmo, Yussuf Poulsen dan Christopher Nkunku.

Kuartet mengalami babak pertama yang membuat frustrasi di mana umpan mereka di sepertiga akhir sangat mengecewakan, tetapi ketekunan mereka dihargai tak lama setelah jeda karena gerakan tajam dibatasi oleh umpan silang Sabitzer dan sundulan Olmo.

Sabitzer sekali lagi memainkan peran penting saat tendangannya di tikungan mengarahkan Leipzig pada serangan yang sangat penting yang membawa kemenangan akhir mereka.

Tambahkan pendatang baru Hwang Hee-chan dari RB Salzburg ke dalam barisan mereka dan Leipzig siap memberikan ancaman serangan yang kuat lagi musim depan.

3. Ajaib Olmo

Dani Olmo mengumumkan kualitasnya saat ia memanfaatkan umpan silang Marcel Sabitzer untuk memimpin timnya unggul di awal babak kedua.

Fokus biasanya tertuju pada bintang Leipzig lainnya sepanjang musim, tetapi pemain Spanyol itu menikmati musim yang bagus dengan caranya sendiri.

Penampilan Olmo yang menarik perhatian untuk Dinamo Zagreb membuatnya pindah ke Bundesliga pada Januari dan dia kemudian mencetak atau membantu lima kali dalam 13 penampilan pertamanya untuk Leipzig.

Gelandang serang yang serba bisa, ia diberi peran bebas di belakang Yussuf Poulsen melawan Atletico dan pergerakannya yang terlambat ke kotak penalti membuat perbedaan saat ia mengangguk di depan Leipzig.

Pemain berusia 22 tahun itu tampaknya menjadi yang terbaru dalam serangkaian rekrutan cerdas oleh klub Jerman itu.

4. Upamecano bersinar

Dayot Upamecano menunjukkan kepada para pelamarnya apa yang telah mereka lewatkan dengan penampilan dominannya di jantung pertahanan Leipzig.

Pria Prancis itu sangat dikaitkan dengan kepindahan dari Bundesliga musim panas ini, dengan Arsenal dan Barcelona memimpin perebutan tanda tangannya.

Tetapi pemain berusia 21 tahun itu menandatangani kontrak baru tiga tahun dengan Leipzig bulan lalu dan membuktikan mengapa dia sangat berharga bagi klub dengan kinerja penting di panggung besar.

Menghadapi tugas berat berurusan dengan Diego Costa, Upamecano terlihat tidak tergoyahkan di sepanjang pertandingan dan mengatakan dia keluar sebagai pemenang melawan mantan pemain Chelsea itu adalah pernyataan yang meremehkan.

Meskipun dia sekarang terikat di Red Bull Arena, itu tidak akan lama sebelum tim terbesar Eropa datang memanggil Upamecano lagi.

5. PSG menunggu

Sang juara Prancis akan memiliki perasaan campur aduk tentang apa yang mereka lihat dari Leipzig.

Pasukan Nagelsmann menunjukkan semangat dan kesabaran untuk mendobrak pertahanan yang teratur, dan menunjukkan bahwa mereka masih memiliki kualitas dalam menyerang.

Tapi bos PSG Thomas Tuchel akan didorong oleh apa yang dilihatnya ketika penyerang Atletico diberi kesempatan untuk berlari di pertahanan Leipzig.

Meskipun serangan yang mengalir bebas jarang terjadi, tipu daya Joao Felix membuat Lukas Klostermann ditarik ke dalam tantangan kikuk dan Atletico menyamakan kedudukan dari titik penalti.

Dengan pemain seperti Neymar dan Kylian Mbappe menunggu untuk dilepaskan, pertahanan Leipzig pasti akan menghadapi malam yang sulit di semifinal.

Bagikan di:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment