China Terapkan Lockdown Kota Dekat Vietnam Usai Temukan Kasus Baru

China Lockdown

Jakarta, Kabar Medsos – Pihak berwenang China menerapkan penutupan wilayah atau lockdown Kota Baise yang terletak di barat daya dekat perbatasan Vietnam karena mencatat lonjakan kasus COVID-19.

Kota yang memiliki total 3,6 juta penduduk itu mendeteksi adanya 37 kasus baru COVID-19 pada Minggu (6/2), naik enam kasus dari sehari sebelumnya.

Meskipun jumlah kenaikan kasus harian ini menurut standar global kecil, namun bagi China lonjakan kasus COVID-19 ini sudah dalam tahap waspada.

Sebab, China menerapkan kebijakan strategi nol COVID-19, di mana setiap tempat dan daerah yang memiliki lonjakan kasus virus corona akan langsung diisolasi demi meredam penularan.

Selain itu, China saat ini tengah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin yang tengah berlangsung di Ibu Kota Beijing.

Dengan aturan lockdown terbaru, jutaan warga Baise di Guangxi harus tinggal didalam rumah kecuali untuk membeli kebutuhan pokok atau tes COVID-19.

Pemerintah setempat juga mendesak warga belanja daring bila memungkinkan, menutup sekolah, transportasi umum, hingga membuka pembukaan pelabuhan. Bagi para pekerja di sektor esensial juga membutuhkan izin khusus untuk beraktivitas di dalam kota.

Meski begitu, China belum mencatat adanya kematian akibat COVID-19 selama akhir pekan. Hingga saat ini, total kasus COVID-19 di China mencapai 106.419 kasus dengan 4.636 kematian sejak awal pandemi.

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment