Dunia Krisis Energi, Jokowi: Pemilik Sawit dan Batu Bara Senang

presiden joko widodo

Jakarta, Kabar Medsos – Presiden Joko Widodo menyoroti sejumlah masalah yang tengah dihadapi dunia belakangan ini khususnya krisis energi yang melanda Eropa dan China. Namun Jokowi menyatakan krisis ini dapat membawa manfaat bagi beberapa daerah di Indonesia.

“Akhir-akhir ini mulai terjadi di beberapa negara Eropa dan China krisis energi yang semuanya tidak terduga. Tapi kita diuntungkan karena harga komoditas naik, saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit atau batu bara senang semuanya,” ujar Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021, dilansir dari akun youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 Oktober 2021.

Presiden Jokowi menuturkan, momen ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan sumber daya alam dengan lebih optimal. Selain minyak dan gas bumi, beliau menyebut kelapa sawit, batu bara, nikel, dan tembaga juga bisa dimaksimalkan.

“Saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit, batu bara, nikel, atau tembaga semuanya senang karena ekonomi di daerah penghasil komoditas itu pasti akan merangkak naik. Insya Allah, akan merangkak naik,” ujar Jokowi.

Adanya kenaikan harga komoditas, Jokowi yakin perekonomian di daerah juga akan ikut merangkak naik. Dikarenakan beberapa daerah di Indonesia bergantung pada komoditas.

“Karena ekonomi di daerah penghasil komoditas itu akan merangkak naik, Insyaallah akan merangkak naik,” imbuh Jokowi

Jokowi menegaskan bahwa ekonomi harus mulai diaktifkan kembali pasca dihantam pandemi Covid-19. Menurutnya, dunia global kini dipenuhi dengan keraguan dan ketidakpastian.

Jokowi menyambut baik penyelenggaraan expo yang diadakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan harapan kegiatan ini dapat menggerakkan ekonomi daerah ke depan.

Jokowi juga berharap pemerintah antardaerah dapat saling bekerja sama dalam segala bidang khususnya bidang perdagangan.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment