Ganyang Malaysia 4-1, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF

Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF

Jakarta, Kabar Medsos – Timnas Indonesia lolos ke Semifinal Piala AFF 2020 setelah mengganyang Malaysia dengan skor 4-1 dalam lanjutan laga Grup B, di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021).

Pada babak pertama Timnas Indonesia unggul 2-1 atas Malaysia. Skuad Garuda lebih dahulu tertinggal berkat gol Kogileswaran Raj pada menit ke-13.

Gol Kogi itu tercipta akibat blunder Irfan Jaya yang gagal membuang bola dengan sempurna. Meski demikian, Irfan Jaya sukses menciptakan gol setelah menerima umpan Witan Sulaeman di dalam kotak penalti Malaysia.

Irfan Jaya langsung melepaskan tembakan first time yang mulus meluncur di sisi kiri penjaga gawang Malaysia. Skor kembali imbang 1-1.

Dua menit menjelang babak pertama usai (43′), Irfan membawa Tim Merah Putih berbalik unggul 2-1 setelah memaksimalkan operan Pratama Arhan.

Keunggulan 2-1 timnas Indonesia atas Malaysia bertahan hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, timnas Indonesia melakukan pergantian pemain dengan menarik Ramai Rumakiek dan memasukan Elkan Baggott.

Malaysia juga melakukan pergantian pemain dengan menarik Safawi Rasid dan memasukan Dominic Tan.

Tak perlu menunggu waktu lama, Indonesia mampu menambah keunggulan pada menit ke-50 lewat tendangan keras Pratama Arhan.

Berada dalam posisi bebas tanpa pengawalan, Arhan mampu mencetak gol indah lewat kaki kirinya yang tak bisa dibendung Khairul Fahmi. Indonesia unggul 1-3 dari Malaysia.

Jalannya pertandingan setelah gol ketiga Indonesia berlangsung dengan tempo yang cepat. Indonesia dan Malaysia sama-sama menciptakan peluang.

Indonesia nyaris menambah keunggulan menjadi 4-1 andai sepakan Irfan Jaya di dalam kotak penalti Malaysia tak menyamping.

Memanfaatkan situasi tendangan pojok, Evan Dimas mengirimkan umpan matang ke depan gawang Malaysia yang disambut sundulan tajam Elkan Baggott pada menit ke-82. Indonesia jauh memimpin dari Malaysia dengan skor 4-1.

Sejumlah peluang dimiliki Indonesia guna menambah skor, namun tidak ada tambahan gol tercipta. Indonesia menang 4-1 atas Malaysia sekaligus melangkah ke semifinal Piala AFF 2021 bersama Vietnam.

Kemenangan melawan Malaysia, membuat Timnas Indonesia mengumpulkan 10 poin dari empat laga, unggul produktifitas gol dari Vietnam yang harus finis di posisi kedua.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto; Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Ezra Walian

Timnas Malaysia

Khairul Fahmi; Dionjohan Cols, Muhamad Syahmi, Putera Nadher, Mohd Rizal; Baddrol Bahtiar, Arif Aiman, Kogileswaran; Safawi Rasid, Muhamad Syafiq, Mohamad Faisal

(km)

Bagikan di:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment