Gunung Semeru Meletus, Warga Berhamburan Panik

Gunung Semeru Meletus

Jakarta, Kabar Medsos – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran, Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan video yang beredar, tampak gumpalan asap pekat membumbung tinggi sehingga warga yang melihat letusan tersebut berlari menyelamatkan diri.

“Ya Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, tolong, tolong,” jerit ibu rumah tangga dengan nada histeris.

Begitupun anak kecil, berhamburan lari menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong.

“Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia menjelaskan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Selain itu Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” ungkapnya.

Sampai saat ini belum ada laporan terkait berapa jumlah korban jiwa dan dampak kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru ini.

Saat ini, Agen Bencana Jatim dan BPBD Kabupaten Lumajang tengah menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

 

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment