Hari Ini, Pemprov DKI Targetkan 10 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun Divaksin COVID-19

Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

Jakarta, Kabar Medsos – Pemprov DKI Jakarta memulai kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan, setidaknya 10 ribu anak disuntik vaksin COVID-19 pada hari pertama pelaksanaan.

Anies meninjau langsung pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk anak tersebut di SDN Cempaka Putih Timur 03, Selasa (14/12/2021). Pencanangan juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

“Pagi hari ini kita menggelar pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, di SDN Cempaka Putih Timur 03. Pada hari ini di Jakarta ada sekitar 10 ribu anak usia 6-11 tahun yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama,” kata Anies.

Anies menjelaskan, vaksinasi COVID-19 menyasar 1,1 juta anak umur 6-11 tahun yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (dapodik).

Nantinya, penyuntikan vaksin bisa dilakukan di sekolah hingga sentra vaksinasi terdekat yang digelar oleh suatu komunitas.

“Jumlah total anak usia 6-11 tahun di Jakarta yang terdaftar dalam dapodik ada 1,1 juta. Mereka akan mendapatkan vaksinasi di sekolah-sekolah di puskesmas di RS dan di sentra-sentra vaksinasi yang diselenggarakan komunitas,” ujarnya.

Anies juga melaporkan perkembangan vaksinasi COVID-19 di Jakarta untuk dosis pertama mencapai 11,4 juta orang atau 136% dari target dan dosis kedua sebanyak 9,4 juta orang atau 112% dari target. Untuk vaksinasi lansia dosis pertama sudah 774 ribu dan dosis kedua 700 ribu.

Sementara untuk kategori remaja usia 12-17 tahun dosis pertama mencapai 1,1 juta dan dosis kedua sebanyak 967 ribu.

“Dengan capaian vaksinasi seperti itu dan dengan kasus harian di kisaran 30 selama beberapa waktu ini kita bisa menyatakan bahwa kondisi di Jakarta adalah kondisi terkendali. Tapi bukan berarti kita melonggarkan protokol kesehatan, prokes tetap dijaga khususnya penggunaan masker harus kita jaga dengan baik,” ungkapnya.

Mantan Menteri Pendidikan Kabinet Kerja Jilid 1 ini juga mengajak agar orangtua dan semua pihak bisa menyukseskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini.

“Kami mengajak para orangtua untuk menyegerakan mengajak anak-anaknya yang berusia 6-11 tahun untuk segera mendatangi faskes-faskes yang ada. Sekolah-sekolah melaksanakannya secara bergiliran bersamaan dengan kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolahnya,” kata Anies.

 

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment