Hasil Pertandingan Leg 1 Final Piala AFF 2020: Indonesia 0 – 4 Thailand

Indonesia vs Thailand

Jakarta, Kabar Medsos – Final Leg 1 Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand yang dilaksanakan di Singapore National Stadium berakhir dengan skor 0-4, Rabu (29/12/2021).

Thailand menekan pertahanan Timnas Indonesia sejak awal babak pertama dimulai. Bahkan, Thailand langsung mendapatkan peluang saat pertandingan belum genap satu menit. Beruntung penjaga gawang Nadeo Argawinata masih mampu menepis tendangan Bordin Phala.

Namun, Nadeo gagal menyelamatkan gawangnya pada serangan kedua Thailand. Gol tersebut berawal dari pergerakan Philip Roller di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Philip berhasil melewati Alfeandra Dewangga dan Edo Febriansah sebelum melepaskan umpan kepada Chanatip Songkrasin yang terlepas dari pengawalan. Chanatip langsung melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang, sementara Nadeo hanya terdiam.

Pada menit ke-13, Thailand hampir mencetak gol. Umpan silang Supachok Sarachat dari sisi kanan berhasil disambar oleh Phala. Nadeo sebenarnya sudah tak mampu menjangkau bola, beruntung masih ada Asnawi Mangkualam yang menghalau di garis gawang. Sundulan dari Elias Dolah juga masih sedikit saja melambung di atas gawang.

Pada menit ke-23, Timnas Indonesia mendapatkan peluang. Umpan panjang dari Ricky Kambuaya disambut oleh Witan Sulaeman yang kemudian memberikan umpan kepada Irfan jaya. Namun, bola berhasil direbut Chanatip dan Irfan pun melakukan pelanggaran terhadap kapten Timnas Thailand itu.

Kerjasama Asnawi Mangkualam dengan Ricky Kambuaya berhasil membuat Timnas Indonesia mendapatkan peluang. Akan tetapi, Asnawi memilih untuk melepaskan tembakan saat mendekati kotak penalti. Tembakan Asnawi pun masih jauh dari gawang Timnas Thailand.

Pada menit ke-41, serangan balik Timnas Indonesia menghasilkan peluang emas.

Mendapatkan umpan dari Irfan Jaya, Witan Sulaeman berhasil melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri. Dedik tak mampu menjangkau bola namun di belakangnya masih ada Alfeandra Dewangga. Sayangnya, Dewangga membuang peluang setelah tendangannya di depan gawang melambung di atas mistar, padahal dia tak mendapatkan kawalan dari lawan.

Di babak kedua, Shin Tae Yong selaku pelatih melakukan perubahan dengan menarik keluar Edo, Rachmat dan Fachruddin untuk memasukkan Kadek Agung, Elkan Baggott dan Evan Dimas untuk bermain lebih terbuka.

Strategi tersebut membuat Timnas Indonesia lebih mampu mengimbangi permainan Thailand. Sayangnya Thailand sudah mengantisipasi hal itu dengan bermain lebih bertahan.

Sebuah serangan balik oleh Thailand pada menit ke-52 justru berbuah gol.

Pergerakan cepat Supachok Sarachat sempat berhasil dihalangi oleh Elkan Baggott, namun bola tak mampu direbut sehingga Supachok melepaskan umpan kepada Chanathip Songkrasin yang kembali melepaskan tembakan keras.

Kali ini bola menembus sisi kanan gawang meskipun Nadeo sempat mencoba menjangkaunya.

Irfan Jaya mendapat peluang emas pada menit ke-62.

Menerima umpan terobosan dari Ricky Kambuaya, Irfan berhasil menusuk ke sisi kanan kotak penalti Thailand. Namun Irfan memilih untuk mengeksekusi sendiri peluang itu meskipun di sisi kiri ada Witan Sulaeman yang berdiri bebas. Tendangan itupun masih dapat ditepis penjaga gawang Siwarak Tedsungnoen.

Shin Tae Yong memasukkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-63 untuk menambah daya gedor Timnas Idnonesia. Sayangnya empat menit berselang justru gawang Nadeo kembali kebobolan.

Kali ini Supachok Sarachat yang mencetak gol dengan tendangan dari luar kotak penalti setelah memanfaatkan umpan Chanathip yang diteruskan oleh pemain pengganti Supachai Chaided.

Shin Tae Yong menggunakan penggantian pemain terakhirnya untuk memasukkan Ramai Rumakiek menggantikan Irfan Jaya pada menit ke-73.

Dedik Setiawan mendapatkan kartu kuning pada menit ke-77 setelah dianggap terpura-pura terjatuh di dalam kotak penalti setelah mencoba menggapai umpan dari Asnawi.

Bordin Phala menutup pertandingan dengan skor 4-0 pada menit ke-83. Gol Phala tercipta setelah lini belakang Timnas Indonesia salah dalam membuang bola. Bola berhasil direbut pemain pengganti Worachit Kanitsribampen yang kemudian mengirimkan umpan terobosan.

Konsentrasi pemain Timnas Indonesia tampak buyar di akhir pertandingan. Mereka kembali terus tertekan. Para pemain Thailand pun tampak sudah kelelahan sehingga tak mampu melakukan penyelesaian yang sempurna.

Indonesia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-88, namun tendangan Dedik Setiawan masih melenceng di sisi kiri gawang Timnas Thailand.

Hasil 0-4 laga Indonesia dan Thailand itu membuat langkah tim Garuda berat pada laga kedua final Piala AFF 2020 yang akan berlangsung Sabtu mendatang.

Timnas Indonesia harus meraih kemenangan dengan jarak minimal 5 gol untuk merebut trofi pertama kalinya.

Bagikan di:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment