Indonesia Resmi Masuk Gelombang Ketiga COVID-19

Gelombang Ketiga COVID-19

Jakarta, Kabar Medsos – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan Indonesia sudah mulai memasuki gelombang ketiga COVID-19. Kondisi itu ditandai dengan mulai naiknya kasus COVID-19 harian di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Hingga Rabu Selasa 1 Februari 2022 kemarin, tercatat ada 81.349 kasus aktif COVID-19 di Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi juga tak menampik apabila lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia disumbang oleh kontribusi dari sifat penularan varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron.

“Iya, sudah mulai masuk gelombang tiga, karena kasus kan mulai naik,” kata Nadia.

Ia melanjutkan lonjakan kasus COVID-19 dalam sepekan terakhir terjadi karena pemerintah menambah kuota surveilans seperti testing dan tracing di daerah. Ia menyebut, per 30 Januari, jumlah orang yang di tes adalah 5,75 per 1.000 penduduk per pekan.

Jumlah pemeriksaan itu menurutnya jauh diatas angka anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 1 per 1.000 penduduk per pekan.

“Peningkatan kuota testing dan tracing ini merupakan bentuk dari upaya deteksi dini dalam mencegah perluasan penularan, serta mencegah munculnya klaster sebaran yang baru. Ini juga merupakan usaha untuk mendeteksi lebih awal gejala COVID-19 yang diderita oleh tiap-tiap individu,” kata dia.

Nadia juga menghimbau agar masyarakat untuk tidak panik dan tetap meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan. Di tengah munculnya sejumlah klaster, termasuk klaster keluarga, pencegahan penularan saat ini menjadi hal yang utama.

Selain itu, Nadia juga mengajak masyarakat lekas mengakses vaksinasi dua dosis hingga dosis lanjutan atau booster guna memberikan proteksi tambahan, di tengah ancaman penularan varian Omicron.

“Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas dalam praktik kehidupan sehari-hari untuk memberikan perlindungan yang optimal,” ujarnya.

 

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment