Jemaah Umroh Indonesia Kembali Batal Terbang 23 Desember

Jemaah Umroh Indonesia

Jakarta, Kabar Medsos – Pelaksanaan penerbangan kembali calon jemaah umrah dari Indonesia ke tanah Suci di Arab Saudi yang rencananya digelar Kamis (23/12) pekan depan mengalami penundaan.

Hal tersebut dijelaskann dalam pertemuan sejumlah kementerian, KJRI, dan penyelenggara umrah pascatemuan kasus pertama COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

“Ya betul (ditunda pemberangkatan 23 Desember),” ujar Direktur pada Direktorat Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama Nur Arifin.

“Jadi kita punya rencana–tadi ada saran pimpinan– kita tunda sampai tanggal 2 Januari. 2 Januari [2022] kita evaluasi, bukan berarti langsung berangkat umrah. Tapi kita evaluasi, kalau memang suasana sudah dinyatakan reda dan memungkinkan maka segera diberangkatkan,” lanjutnya.

Nur Arifin menjelaskan pertemuan kali ini dilakukan untuk mengambil keputusanmengenai kebijakan penundaan Umrah yang diikuti berbagai Kementerian/Lembaga terkait seperti Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, KJRI Jedah, dll dan dengan Para Asosiasi Penyelenggara Umrah.

“Untuk membahas Kebijakan Penundaan Keberangkatan Umrah,” katanya.

Sebelumnya, Indonesia telah diberikan lampu hijau oleh Arab Saudi, rencananya Indonesia kembali memberangkatkan jemaah umrah asal Indonesia pada Kamis (23/12) pekan depan.

Yaqut telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi. Ia mengapresiasi respons cepat dari otoritas Arab Saudi atas sejumlah pembahasan yang dilakukan selama kunjungan tersebut.

Dalam tiap kesempatan, dia menyampaikan kepada pihak Arab Saudi tentang kesiapan Indonesia dalam penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

“Semoga ini juga akan menjadi kabar baik buat jemaah umrah Indonesia yang sudah tertunda keberangkatannya sejak Februari 2021. Semoga jemaah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya untuk ke Tanah Suci,” ujarnya.

Sebelumnya, Arab Saudi telah mencabut larangan terbang atau suspend penerbangan dari Indonesia terhitung mulai 1 Desember 2021. Pencabutan itu diiringi dengan kebijakan calon jemaah umrah tak perlu transit ke negara ketiga.

Selain Indonesia, terdapat lima negara lain yang juga sudah mendapat izin masuk Saudi, termasuk Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

 

(km)

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment