Joe Biden Usulkan Pengenaan Pajak Penghasilan bagi Orang Kaya

Joe Biden

Jakarta, Kabar Medsos – Presiden Amerika Serikat Joe Biden usulkan proposal untuk pengenaan pajak penghasilan minimum kepada masyarakat Amerika yang tergolong sangat kaya.

Melansir dari dokumen resmi Gedung Putih, salah satu usulan dalam proposal tersebut adalah terkait pajak penghasilan minimum orang kaya. Adanya pengenaan pajak penghasilan ini, diharapkan masyarakat AS yang tergolong sangat kaya dapat membayar pajak dengan tarif yang lebih tinggi.

“Pajak minimum ini akan memastikan orang Amerika terkaya tidak lagi membayar tarif pajak yang lebih rendah dari guru dan petugas pemadam kebakaran,” tulis pemerintah dalam dokumen tersebut, Selasa (29/3/2022).

PPh minimum bagi miliarder merupakan pengenaan tarif PPh minimum sebesar 20% untuk rumah tangga AS yang memiliki kekayaan lebih dari US$100 juta setara dengan Rp1,44 triliun.

Jika rumah tangga kaya sudah membayar 20% dari pendapatan penuh mereka maka tidak perlu membayar pajak tambahan. Akan tetapi, jika membayar kurang dari 20% maka dikenai pembayaran ulang untuk memenuhi minimum baru.

Dengan adanya penerapan PPh minimum bagi miliarder, pemerintah berharap defisit anggaran bisa berkurang sekitar US$360 miliar atau Rp5,17 triliun dalam dekade selanjutnya.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment