Jokowi Resmi Tutup Peparnas XVI Papua 2021

Jokowi Tutup Peparnas 2021

Jakarta, Kabar Medsos – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 di Stadion Mandala, Sabtu (13/11/2021). Dalam kesempatan ini, Jokowi memuji Papua atas kesuksesan menggelar Peparnas dan juga sebelumnya Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Selamat atas provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas ini provinisi Papua juara umum meraih medali terbanyak,” kata Jokowi dalam pidato penutupan di laman Sekretariat Presiden.

“Dan, selamat kepada Papua telah sukses menjadi tuan rumah PON dan Peparnas. Sekali lagi saya katakan, bukan hanya torang bisa. Tetapi, torang hebat,” lanjut Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah berjuang melewati segala keterbatasan.

“Para atlet yang saya banggakan. Peparnas ini menunjukkan banyak pesan bahwa kesulitan bukan hambatan. Dengan kerja keras dan konsistensi kesulitan kita bisa lewati,” ujarnya.

Upacara penutupan dimulai dengan dinyanyikannya Indonesia Raya. Defile kemudian berlangsung, tapi bukan berdasar asal atlet, melainkan cabang olahraga yang dipertandingkan di Peparnas Papua.

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, dan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.

Diketahui, tuan rumah Papua berhasil menjadi juara umum dengan meraih total 295 medali, dengan rincian 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu.

Angka tersebut mengalahkan Jabar yang berada di posisi kedua klasemen akhir dengan 110 emas, 92 perak, dan 75 perunggu. Sementara Jawa Tengah berada di urutan ketiga dengan 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Selain itu, masih berdasarkan data dari pihak penyelenggara terdapat pemecahan rekor tercipta dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet difabilitas tersebut.

(km)

Bagikan di:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment