Jokowi Salurkan BLT Minyak Goreng di Pasar Angso Duo Jambi

Presiden Jokowi Berikan BLT

Jakarta, Kabar Medsos – Presiden Joko Widodo memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada sejumlah pedagang kaki lima dan pedagang kecil di Pasar Angso Duo Baru Jambi, Kamis (7/4/2022).

BLT minyak goreng diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat kecil membeli minyak goreng. Terlebih, saat ini masih terpantau minyak goreng yang dijual di atas harga eceran tertinggi (HET).

Jokowi berharap bantuan uang tunai senilai Rp300.000 per penerima tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Pagi hari ini saya datang ke Pasar Angso Duo di Kota Jambi, Provinsi Jambi, dalam rangka memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp300.000 yang kita harapkan ini bisa meringankan, menyubsidi masyarakat utamanya para pedagang kaki lima yang berjualan gorengan,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan bantuan serupa nantinya juga dapat segera diberikan tidak hanya di Provinsi Jambi tetapi di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut diharapkan dapat disalurkan kepada masyarakat penerima sebelum Lebaran.

“Tadi sudah kita berikan dan kita harapkan tidak hanya di sini saja, nanti di seluruh provinsi di Tanah Air, BLT minyak goreng bisa segera disalurkan. Saya sudah minta sebelum lebaran harus bisa diselesaikan, seminggu sebelum Lebaran,” ujar Jokowi.

Pada waktu yang sama, Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja (BMK) senilai Rp1,2 juta dengan harapan bantuan tersebut dapat dipakai sebagai tambahan modal usaha.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah menganggarkan BLT minyak goreng senilai Rp6,9 triliun. BLT ini akan diberikan kepada 20,5 juta KPM yang selama ini menerima bansos serta 2,5 juta PKL.

Sumber pendanaan penyaluran BLT minyak goreng untuk KPM sembako dan PKH diperkirakan mencapai Rp6,15 triliun dimana dana tersebut berasal dari Kementerian Sosial.

Sementara itu, sumber dana BLT minyak goreng untuk PKL diperkirakan mencapai Rp750 miliar berasal dari cadangan bendahara umum negara (BUN) dan kuasa pemegang anggarannya ada TNI/Polri.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment