Kemenkes dan KIPI Buka Suara soal Warga Malang Buta Usai Vaksin

warga kota malang buta usai vaksinasi

Jakarta, Kabar Medsos – Kementerian Kesehatan menyatakan akan memberikan bantuan kepada Joko Santoso (38) warga Malang, Jawa Timur, yang mengalami kebutaan setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 AstraZenecca.

Bantuan akan diberikan dengan catatan kebutaan tersebut merupakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemberian bantuan tersebut akan diberikan seperti yang telah diatur dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi.

“Iya ditanggung sesuai Perpres,” ujar Nadia melalui aplikasi pesan pendek, Jumat (3/12/2021).

Nadia mengatakan Komisi Nasional KIPI akan mengkaji terlebih dahulu apakah peristiwa kebutaan yang dialami Joko berkaitan dengan vaksin yang ia dapatkan sebelumnya atau karena penyakit lain.

“Itu nanti akan dikaji dulu oleh Komnas KIPI, apakah karena KIPI atau sebab ada penyakit,” kata Nadia.

Pasal 15B Perpres mengatur apabila berdasarkan kajian kecacatan atau kematian yang terjadi diakibatkan oleh vaksinasi maka pemerintah akan memberikan kompensasi.

Terpisah, Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan mengatakan saat ini Komisi Daerah KIPI Jawa Timur sedang melakukan investigasi terhadap kasus kebutaan yang dialami warga Malang tersebut. Hasil investigasi nantinya akan diaudit bersama Komnas KIPI.

“Sedang diinvestigasi oleh Komda KIPI Jatim, setelah selesai akan diaudit bersama Komnas,” ujar Hindra.

Anggota Komnas KIPI, Arum Handayani mengatakan hari ini pihaknya akan melakukan audit kasus tersebut bersama Komda KIPI Jatim dan Dinas Kesehatan Jawa Timur.

“Belum bisa kami berikan informasi. Nanti selanjutnya Dinkes Jatim dan Komda Jatim yang akan klarifikasi hasil ke media,” jelas Arum.

Joko Santoso yang mengalami kebutaan usai vaksinasi Covid-19 kini kondisinya sudah mulai membaik dan berharap bisa segera pulih seperti sediakala.

Joko yang merupakan warga Kecamatan Kedungkandang, mengatakan saat ini penglihatannya sudah mulai membaik meskipun baru bisa melihat bayangan hitam dan putih.

“Sekarang masih hitam putih untuk melihat. Sudah 75 persen. Sudah bisa berjalan sendiri,” ujar Joko.

Bagikan di:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment