Penerima Uang Doni Salmanan Diminta Jadi Justice Collaborator

Doni Salmanan

Jakarta, Kabar Medsos – Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto meminta agar pihak-pihak yang pernah mendapat uang dari Indra Kenz dan Doni Salmanan dapat melapor ke polisi.

Agus meminta supaya piha-pihak yang bersangkutan turut kooperatif dalam penyidikan kepolisian dan membantu untuk menjadi justice collaborator.

“Siapapun yang menerima, karena aliran dana ini bisa masuk kepada siapa saja. Intinya tergantung pada proses pemeriksaannya, apakah ada unsur kesengajaan atau ketidaktahuan. Sehingga lebih bagus mereka ini melapor,” ujar Agus, Jumat (11/3/2022).

Pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang menerima aliran dana tersebut. Kepolisian perlu memastikan apakah ada mens rea atau niat jahat di balik penerimaan aliran dana tersebut.

Pihak kepolisian juga perlu untuk mengetahui cara seseorang mendapat aliran dana tersebut. Karena, bisa saja orang tersebut mendapat dana tanpa mengetahui bahwa uang yang diterima merupakan hasil dari tindak pidana yang dilakukan Indra ataupun Doni.

“Kalaupun ada mens rea nanti yang bersangkutan jadi (justice) collaborator. Saya rasa itu lebih baik daripada menjadikan lebih banyak tersangka orang yang tentunya tidak bisa menyelesaikan masalah ini,” ujarnya.

“Kalau dia tidak melaporkan dan terindikasi jejaknya berperan aktif, ya mau tidak mau akan kami tetapkan yg bersangkutan sebagai bagian dari para pelaku,” ujar Agus.

Baik Indra Kenz ataupun Doni Salmanan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam keterlibatannya sebagai affiliator di dua platform opsi biner berbeda, yakni Binomo dan Quotex.

Keduanya berhasil meraih untung hingga puluhan miliar dari kerugian para membernya.

Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, keduanya memanfaatkan medium pesan singkat telegram untuk mencari member dan berbagi informasi terkait opsi biner. Dari data yang tercatat, anggota dari para tersangka bisa mencapai lebih dari 20 ribu orang.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment