Polisi Gagalkan Penyelundupan BBM di Manokwari

Bahan Bakar Minyak

Jakarta, Kabar Medsos – Truk bermuatan 36 buah jerigen ukuran 35 liter yang diduga berisi BBM jenis solar subsidi seberat 1.260 liter diamankan polisi saat akan keluar dari Manokwari, Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Polisi Adam Erwindi membenarkan informasi penangkapan tersebut.

Truk memuat BBM subsidi jenis solar itu diamankan oleh Tim Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Papua Barat di ruas jalan Trikora Maripi, Distrik Anday Kabupaten Manokwari.

“Tim saat melakukan patroli, menemukan truk dengan bak belakang tertutup terpal parkir di pinggir jalan. Tim membuntuti dan kemudian memberhentikan truk tersebut,” ujarnya, Jumat (15/4/2022).

Saat penggeledahan, ditemukan tumpukan jerigen ukuran 35 liter sebanyak 36 buah yang berisi BBM jenis solar bersubsidi. Dari hasil pemeriksaan, Sopir mengaku BBM tersebut dibeli dari AN.

“AN ternyata mendapatkan BBM solar subsidi itu dengan cara mengisi menggunakan mobil yang tengki bahan bakarnya sudah dimodifikasi,” tuturnya.

AN mengaku bahwa BBM tersebut merupakan hasil yang dikumpulkan sejak 27 Maret – 8 April 2022.

Dia membeli BBM Solar subsidi menggunakan mobil dengan tengki modifikasi yang ternyata mobil itu milik JS. Usai melakukan pengisian di SPBU, dia lalu menampung BBM itu di rumahnya sebelum akhirnya dibawa ke luar Manokwari.

Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait asumsi apakah BBM itu akan dibawa keluar perkotaan untuk kebutuhan kelompok pertambangan emas illegal.

“Tidak menutup kemungkinan informasi tersebut bisa benar. Jika memang untuk kebutuhan penambang di Minyambou dan Wasirawi, tentu akan diproses sesuai hukum yang berlaku dan penyidik akan mengejar tersangka lainnya,” ujarnya.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment