SIM Baru, Bisa Buat Bayar Tol Hingga Belanja

September 2019 Polri Luncurkan SIM dengan E-Money

Pihak kepolisian melalui Kepala Koordinasi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri membenarkan berita itu.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengungkapkan bahwa pihaknya akan merilis SIM baru atau Smart SIM yang bisa difungsikan sebagai e-money pada 22 September 2019 nanti. 

“Mulai tanggal 22 September 2019 (saat Hari Lalu Lintas Bhayangkara akan kita lakukan grand launching). Saat itu berlaku di seluruh Indonesia,” ujar Kakorlantas, Kamis (22/8/2019). 

Adapun Smart SIM ini telah dikenalkan atau soft launching di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (22/8/2019). 

“Semua data, kepentingan forensik kepolisian (lengkap), identitas pemegang SIM, semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat,” ujar Kakorlantas Refdi lebih lanjut.

Menurut rencana, SIM baru akan dilengkapi chip yang bisa mendata identitas pemegang SIM dan semua pelanggaran yang pernah dilakukan.
Kemudian, semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat.

Tak hanya itu, chip ini juga berfungsi sebagai e-money. “Smart SIM dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp 2 juta dan dapat diisi oleh pemegang SIM,” ujar Refdi.

Ia juga menjelaskan bahwa saldo pada Smart SIM ini bisa dimanfaatkan untuk pembayaran tol, kereta api, belanja, dan lainnya.
Nantinya Polri akan bekerjama dengan beberapa bank.

Di antaranya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan satu bank swasta.

Inovatif! Ditlantas Polda Metro Jaya Gandeng Go-Pay Untuk Layanan SIM Ditlantas PoldaMetro Jaya menggandeng Perusahaan...

Dikirim oleh Divisi Humas Polri pada Selasa, 27 Agustus 2019
Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment