Solo Bersiap Tampung 3.000 Atlet pada Gelaran ASEAN Para Games

ASEAN Para Games

Jakarta, Kabar Medsos – Ketua Panitia Penyelenggara ASEAN Para Games (INASPOC), Gibran Rakabuing Raka, memprediksi ajang olahraga multicabang tersebut akan membuat Solo kedatangan ribuan tamu termasuk atlet dan ofisial.

Kota Solo ditunjuk sebagai tuan rumah Asean Para Games (APG) 2022 yang diperkirakan akan digelar Juli mendatang. Gibran selaku Wali Kota Solo mengatakan acara pesta olahraga difabel Asia Tenggara itu bakal membuat riuh kota budaya tersebut.

“Tiga ribu baru atlet saja. Belum official dan lain-lain,” kata Gibran.

Akibat tamu yang meruah, Gibran pun optimistis mengenai dampak ekonomi yang datang dari ASEAN Para Games.

“Semua hotel kepakai. Ngko hotele kebak kabeh [nanti hotel-hotel penuh semua],” katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (26/1).

Dengan waktu persiapan kurang dari 6 bulan, putra Presiden Joko Widodo itu mengatakan Solo siap menjamu atlet yang akan berkompetisi di APG 2022. Namun ia mengungkapkan pendanaan multiajang tersebut masih menjadi tanda tanya.

“Anggarannya ini lho. Nanti dibicarakan dulu,” katanya.

Gibran menyatakan saat ini timnya sudah berangkat ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Ia sendiri akan mengikuti rapat bersama Menpora Zainudin Amali pekan depan.

“Minggu depan baru dibicarakan, masalah anggaran juga. Ini masih awal-awal banget kok. Nanti ada instruksi khusus juga dari Pak Menpora,” lanjutnya.

Ia mengakui masalah anggaran sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan pengadaan sponsor.

“Belum (ada sponsor). Makanya ini kita kejar. Nanti kita lihat dulu lah, minggu depan baru kelihatan,” ungkapnya.

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada tahun ini setelah Filipina dan Vietnam batal menyelenggarakan ajang tersebut.

National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia menyatakan belum ada kepastian tanggal pelaksanaan ASEAN Para Games 2022.

 

[CNN]

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment