WHO: Lakukan Ini Jika Ingin Covid-19 Berakhir

dirjen who

Jakarta, Kabar Medsos – Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada dewan eksekutif organisasi pada Senin (24/1/2022) memaparkan, darurat kesehatan global Covid-19 bisa diakhiri jika negara-negara berusaha lebih keras untuk menjamin program vaksinasi dan pengobatan berjalan sesuai target.

Selain itu, negara-negara juga harus tetap bersiap melacak kemunculan varian baru virus corona dan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten.

WHO akan terus mengingatkan agar setiap negara mempercepat distribusi vaksin di sejumlah negara terutama negara-negara miskin. Paling tidak, 70 persen populasi suatu negara harus sudah divaksinasi pada pertengahan tahun ini.

Tedros membeberkan fakta bahwa setengah dari 194 negara anggota WHO masih belum mencapai 40 persen target vaksinasi di akhir 2021. Bahkan, 85 persen warga negara Afrika belum menerima dosis vaksin Covid-19.

Semenjak adanya Covid-19, virus ini telah menewaskan lebih dari 5,5 juta orang di akhir 2019. Bahkan, sejak munculnya varian Omicron jumlah kasus Covid-19 meningkat dan sebanyak 80 juta kasus telah dilaporkan ke WHO sejak varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Tedros menyampaikan, varian Omicron tidak berbahaya seperti varian sebelumnya khususnya varian Delta.

Meskipun demikian, masyarakat dunia tidak boleh berpikir bahwa Omicron merupakan varian terakhir Covid-19.

Bagikan di:

Related posts

Leave a Comment